Jumat, 27 Juli 2012

Pengertian Singkat Jurnalistik

 


Kewartawanan atau jurnalisme (berasal dari kata journal), artinya catatan harian, atau catatan mengenai kejadian sehari-hari, atau bisa juga berarti suratkabar. Journal berasal dari istilah bahasa Latin diurnalis, yaitu orang yang melakukan pekerjaan jurnalistik.
Macam-macam pengertian Jurnalistik :  
1.Jurnalistik: “Kegiatan untuk menyiapkan, mengedit, dan menulis surat kabar, majalah, atau berkala lainnya”. (Kamus Umum Bahasa Indonesia).

 2.Jurnalistik adalah bidang profesi yang mengusahakan penyajian informasi  tentang kejadian dan atau kehidupan sehari-hari (pada hakikatnya dalam bentuk penerangan, penafsiran dan pengkajian) secara berkala, dengan menggunakan sarana-sarana penerbitan yang ada. (Ensiklopedi Indonesia).

 3.Jurnalistik adalah pekerjaan mengumpulkan, menulis, menyunting dan menyebarkan berita dan karangan utuk surat kabar, majalah, dan media massa lainnya seperti radio dan televisi. (Leksikon Komunikasi).

 Aktivitas seorang jurnalist.

Aktivitas utama dalam kewartawanan adalah pelaporan kejadian dengan menyatakan siapa, apa, kapan, di mana, mengapa dan bagaimana (dalam bahasa Inggris dikenal dengan 5W+1H) dan juga menjelaskan kepentingan dan akibat dari kejadian atau yang sedang hangat (trend). Kewartawanan meliputi beberapa media:koran, televisi, radio, majalah dan internet sebagai pendatang baru.


sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kewartawanan
http://menjadihebat.blogspot.com/2011/05/pengertian-jurnalistik-ragam-definisi.html

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar